Kamis, 31 Oktober 2013

KISI-2 SENI RUPA



BAB I : ANYAMAN
A.      BAHAN ANYAMAN ALAMI :
-          Bambu
-          Rotan
-          Panadan alas
-          Pelepah sagu
-          Lidi aren
-          Daun janur
-          Kapas
-          Kepompong
B.      BAHAN BUATAN :
-          Benang
-          Pita jepang
-          Kertas
-          Kawat
-          Tali plastik
-          Kenur
C.      HASIL ANYAMAN :
-          Kuda lumping ( bambu)
-          Bola Takrauw ( rotan )
-          Ketupat ( Janur )
-          Gribig/Dinding ( pelepah Sagu )
-          Keranjang Buah/Piring ( lidi aren / Kelapa )
-          Tikar ( pandan alas )
-          Caping ( bambu )
-          Besek ( bambu )
-          Kain tenun/ songket ( benang )
-          Ketupat ( pita jepang )
-          Ram Kandang ( kawat )
D.      POLA ANYAMAN :
E.       DAERAH ANYAMAN :
-          Magelang
-          Denpasar Bali
-          Kalimantan
-          Sulawesi
-          Irian
F.       ALAT ANYAMAN :
-          Bambu : Gergaji, parang, pisau
-          Roran : Parang, pisau, alat serut
-          Kertas : Penggaris, pencil, cutter, gunting, lem
-          Kawat : tang potong, guntung besi
-          Benang : alat pemintal, alat tenun
G.     PEWARNAAN :
-          Warna Anyaman harmonis contohnya : Hijau tua – Hijau muda, Merah – jambon, coklat - cream

BAB II : MENGGAMBAR PERSPEKTIF BENDA
A.      PENGERTIAN :
-          Gambar berdasarkan pandangan mata
-          Benda yang  dekat tampak besar
-          Benda yang  jauh tampak kecil
-          Garis cakrawala perbatasan antara langit dengan bumi
-          Titik lenyap/hilang untuk menentukan jauhdekatnya benda
-          Letak titik hilang ada di garis cakrawala/horison
B.      BENDA KUBISTIS :
-          Benda-benda Kubus : almari, dipan, meja, kursi, kulkas, kipas angin dll.
C.      BENDA SILENDRIS :
-          Benda – benda berbentuk tabung : Botol, tremos, gelas, vas bunga, mangkok, ember plastik, teko dll.
D.      BENDA TAK KUBISTIS MAUPUN SILENDRIS :
-          Baju, sepatu, topi, kaos kaki, boneka dll.
E.       GAMBAR PEMANDANGAN :
-          Unsur : Langit, Awan, Burung, Pohon, Jalan, sawah, Sungai, Gubug, Hewan
F.       ARSIR :
-          Untuk menentukan gelap terang sehingga dapat membentuk suatu benda
Gelap terang berdasarkan arah cahaya

Tidak ada komentar:

Posting Komentar